Bila dibandingkan dengan mobil Toyota lainnya, maka biaya servis Agya tergolong paling murah. Ini mengingat komponen atau spare part mobil Agya mayoritas sudah buatan lokal, artinya lebih murah dan lebih irit dalam mendukung biaya servis secara keseluruhan. Ada beberapa paket servis yang ditawarkan oleh diler Toyota, ini tergantung pada kilometer mobil Agya.
Pada 10 ribu kilometer pertama biaya servisnya memang paling murah, hanya dikenai biaya ganti oli dan filter oli. Sesudahnya sampai kilometer ke 50 ribu baru dikenai biaya spare part dan bahan. Ini cukup ekonomis, mengingat pada kondisi ini tidak banyak komponen yang aus atau rusak. Meskipun ini akan bergantung pada pemakaian mobil Agya dan kondisi jalanan yang dilalui.
Namun biaya servis per 10 ribu kilometer memang cukup ekonomis dibandingkan dengan mobil Toyota lainnya. Apalagi dengan standar servis yang sama kualitasnya dengan servis Toyota. Memang ada prasyarat untuk layanan servis ekonomis ini, dimana mobil Agya memang tidak mengalami modifikasi yang berarti.
Bila modifikasinya terlalu ekstrim memang garansi servis dari Toyota bisa hilang, dan ini memang berlaku umum seperti mobil lainnya. Misal menggunakan modifikasi dari komponen yang bukan spare part asli juga bisa menghilangkan garansi servis. Apalagi dengan modifikasi eksterior dan interior yang merubah tampilan maupun performa secara ekstrim, memang bisa menghilangkan garansi servis.
Biasanya paling sering dilakukan modifikasi audio yang cukup ekstrim dengan menggunakan komponen yang bukan OEM-nya Toyota, bisa jadi ini merubah karakter mobil Agya secara keseluruhan. Maka wajar bila bisa hilang garansi servis dari Toyota, padahal untuk sebuah 100 ribu kilometer atau 3 tahun garansi servis adalah hal yang bagus bagi sebuah mobil.
Memang apa mau dikata bila niatnya memang modifikasi atau meningkatkan performa mobil. Namun perlu diingat untuk kelas mobil LCGC lebih baik berhemat anggaran dalam pemeliharaan mobil. Boleh dibilang biaya servis Agya ini tidak sampai satu jutaan per 10 ribu kilometer, hanya memang mencapai di atas satu juta saat sudah mencapai kilometer 80 ribuan.
Memang angka resminya bisa berubah mengikuti policy dari diler Toyota. Dari data terakhir biaya servis per 10 ribu kilometer pertama hanya 255 ribu rupiah. Ini sudah cukup irit sekali untuk ukuran sebuah mobil LCGC. Memang cukup murah tapi dengan servis yang cukup bagus bagi kondisi mobil yang optimal.
Servis mobil memang harus berkala dan rutin dilakukan agar tercapai performa maksimal dan awet pemakaiannya. Meskipun mobil jarang dipakai, tetap saja servis berkala dibutuhkan. Apalagi dengan garansi servis yang bisa dimanfaatkan untuk mempertahankan kondisi mobil. Bisa jadi semakin rutin perawatan mobil akan semakin terjaga performa mobil secara keseluruhan.
1 comments:
http://www.doktermobil.com/estimasi-biaya-service-mobil-toyota-jakarta/ itu harganya bener gak ya ?
Balas